3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja Istimewa

3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja – Sebuah kota istimewa yang dikenal dengan nama Yogyakarta memiliki berbagai cerita yang idak akan terlupakan. Di berbagai sudut kota Jogja ini terdapat banyak kebudayaan dan kisah klasik dengan suguhan berbagai kuliner yang selalu membawakan kerinduan untuk para pendatang. Indonesia memiliki kota istimewa seperti Jogja ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, oleh karena itu tidak heran jika banyak wisatawan lokal hingga internasional yang berkunjung ke kota ini. Keistimewaan yang dihadirkan oleh Kota Istimewa ini tidak hanya tempat wisatanya yang kental dengan sejarah, namun juga beragam kebudayaan yang masih hidup didalamnya dan berbagai tempat makan tradisional yang masih diidolakan.
Meski di Jogja juga terdapat banyak sekali tempat makan modern, namun tempat makan tradisionalnya tidak ditinggalkan. Banyak orang asli Jogja maupun orang dari luar kota Jogja yang lebih memilih menikmati hidangan makan ditempat makan tradisional Jogja yang terkenal dengan nama Angkringan. Biasanya Angkringan di Jogja akan ramai mulai sore hari hingga pagi menjelang. Suasana kota yang sangat nyaman terasa damai ini, akan terasa lengkap apabila ditemani para kawan untuk mengobrol ringan di sebuah Angkringan sudut Kota Jogja.
Bagi yang pernah menikmati suasana malam kota Jogja di sebuah Angkringan pasti setuju dengan argumen ini, Kota Jogja adalah kota yang selalu membawakan kerinduan kepada setiap pengunjungnya, entah itu suasananya, makanannya, atau tempat wisatanya. Angkringan Jogja menjadi tempat terfavorit banyak orang karena selain makannya yang super murah, namun rasanya sangat mewah, terlebih dengan jamuan si penjual yang selalu ramah. Menu yang dihadirkan di Angkringan Jogja beraneka ragam, dari menu minuman tradisional dengan kombinasi berbagai rempah, dilengkapi dengan aneka cemilan unik dan enak, serta menu utama yang selalu ada di sana.
Angkringan memiliki ciri khas fisik berupa gerobak yang didesain sangat unik dengan wood vintage terkesan sangat jadul namun kokoh, ciri khas lainnya dari segi menu adalah menu makanannya yaitu Nasi Kucing dan Sate Telur Puyuh dan Ceker Bakar dengan bumbu yang sangat khas. Nasi Kucing adalah nasi yang ditemani dengan sambal teri pedas kemudian dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak, ukuran porsi perbungkusnya sangat kecil hanya 1 kepalan tangan saja, kemudian Sate Telur Puyuh adalah telur puyuh yang direbus lalu diolah dengan bumbu bacem, sedangkan Ceker Bakar adalah olahan ceker ayam yang direbus dengan bumbu bacem kemudian dibakar.
Dari 3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja tersebut tidak meninggalkan ke khas-an cita rasa asli kota Sultan Hamengkubuwono tersebut, yaitu rasa manis. 3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja ini selalu ada disetiap warung Angkringan dan selalu menjadi menu yang paling diincar oleh para pegunjungnya karena selain enak harganya juga sangat murah. Biasanya harga dari 3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja untuk menu Nasi Kucing nya harga mulai dari Rp 1000 hingga Rp 3000 tergantung banyaknya nasi dan isi laukya, sedangkan untuk menu Sate Telur Puyuh nya mulai dari Rp 2500 hingga Rp 4000 tergantung isi telurnya, dan untuk menu Ceker Ayam Bakar nya biasanya mulai dari Rp 1000 hingga Rp 2000 per satuannya.
Cara Membuat 3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja tersebut sangatlah mudah. Kami dari Kuliner Traveler Team akan memberikan step by step untuk membuatnya. Sehingga bagi anda yang sibuk dengan rutinitas kerja dan tidak memiliki waktu untuk nongkrong di Angkringan, atau bagi anda yang jauh dari lokasi Angkringan, atau bagi anda yang bertempat tinggal di wilayah tanpa ada Angkringan di daerahnya, Resep 3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja ini tentu aka sangat membantu anda untuk membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini resep lengkap dari 3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja Istimewa yang seistimewa kotanya.

Pertama, Resep Nasi Kucing

Resep Nasi Kucing
Resep Nasi Kucing

Bahan Utama Resep Nasi Kucing :

  1. Siapkan Nasi putih secukupnya.
  2. Siapkan Pembungkus (kertas minyak / daun pisang).
  3. Siapkan 150 gram ikan teri (goreng kering). (optional/ bisa diganti dengan lauk sesuai selera)

Bahan Sambal Resep Nasi Kucing :

  1. Siapkan 6 Bawang merah.
  2. Siapkan 5 Bawang putih.
  3. Siapkan 4 Tomat sayur.
  4. Siapkan Cabai kecil / rawit sesuai selerah.
  5. Siapkan 3 Cabai merah.
  6. Siapkan 1 sedok teh Terasi matang.
  7. Siapkan Gula secukupnya.
  8. Siapkan Garam secukupnya.

Cara Membuat Resep Nasi Kucing (Isi Sambal Ikan Teri) :

  1. Langkah pertama, siapkan semua bahan terutama bahan Utama.
  2. Kemudian potong bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabai merah menjadi beberapa bagian kecil dan goreng semuanya lengkap dengan cabai kecil hingga layu. Kemudian angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya siapkan cobek atau layah (bahasa jawa). Masukkan semua bahan sambal kedalam cobek atau layah, kemudian uleg hingga halus dan merata.
  4. Langkah berikutnya ambil nasi putih kurang lebih 400gram atau sekepal tangan dan  taruh diatas pembungkus kertas minyak atau daun pisang. Selajutnya letakkan ikan teri yang sudah digoreng matang, dan lumuri sambal diatas teri secukupnya. Lalu bungkus dengan rapi. 
  5. Lakukan proses ke 4 hingga nasi, ikan teri dan sambal habis.
  6. Nasi Kucing atau Sego Kucing siap dihidangkan.

Kedua, Resep Sate Telur Puyuh

Resep Sate Telur Puyuh
Resep Sate Telur Puyuh

Bahan Resep Sate Telur Puyuh :

  1. Siapkan 20 butir Telur puyuh (rebus hingga matang dan kupas kulitnya)
  2. Siapkan Air matang secukupnya
  3. Siapkan 1 ruas jari Laos
  4. Siapkan 2 lembar Daun salam
  5. Siapkan 1 batang Serai
  6. Siapkan 1 1/2 sdm Kecap manis
  7. Siapkan 1 sdt Garam
  8. Siapkan 1 sdm Gula pasir
  9. Siapkan 1 buah Gula Jawa disisir
  10. Siapkan 6 buah Tusuk sate

Bahan Bumbu Halus Resep Sate Telur Puyuh (Haluskan) :

  1. Siapkan 2 siung Bawang Putih
  2. Siapkan 4 siung Bawang Merah
  3. Siapkan 1/2 sdm Ketumbar Sangrai
  4. Siapkan 1 sdt Garam

Cara Membuat Resep Sate Telur Puyuh :

  1. Langkah pertama, siapkan air secukupnya, lalu masukkan bumbu halus yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan salam, laos, dan serai ke dalam rebusan air tersebut, aduk hingga rata. Tambahkan kecap manis, garam, serta gula aduk hingga rata.
  2. Kemudian masukkan telur puyuh matang (yang sudah dikupas kulitnya) ke dalam rebusan air. Sesekali air diaduk agar warna dan bumbu merata hingga kedalam telur.
  3. Lalu masak hingga air menjadi sedikit dan warna telur puyuh kecoklatan.
  4. Angkat dan tiriskan hingga telur dingin. kemudian tusuk telur dengan tusuk sate (banyaknya sesuai selera).
  5. Sate Telur Puyuh siap dihidangkan.

Ketiga, Resep Ceker Bakar

Resep Ceker Bakar
Resep Ceker Bakar

Bahan Resep Ceker Bakar :

  1. Siapkan 10 ceker ayam (dapat yg gedeĀ² dan gendutĀ²)
  2. Siapkan 1 lembar daun salam
  3. Siapkan 1 batang sereh
  4. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  5. Siapkan 1/4 sdt merica bubuk
  6. Siapkan 1/8 sdt pala bubuk
  7. Siapkan 1 sdm gula pasir
  8. Siapkan 50 ml kecap manis
  9. Siapkan Garam secukupnya

Bumbu Halus Resep Ceker Bakar :

  1. Siapkan 5 buah bawang merah
  2. Siapkan 5 buah bawang putih kating
  3. Siapkan 3 buah cabe merah besar
  4. Siapkan Sedikit jahe

Cara Membuat Resep Ceker Bakar :

    1. Langkah pertama, rebus air dalam panci sampai mendidih, kemudian matikan api, lalu masukkan ceker yg sudah dicuci bersih. Angkat dan sisihkan (airnya dibuang).
    2. Kemudia tumis bumbu halus dengan daun salam, sereh, daun jeruk, merica dan pala aduk hingga harum.
    3. Lalu masukkan gula, garam dan kecap, biarkan tumisan menggumpal seperti mengkaramel (ini akan membuatnya enak). Baru setelah itu masukkan ceker tadi, aduk hingga merata.
    4. Kemudian tuangkan air secukupnya, aduk rata dan biarkan sampai ceker empuk ( lebih cepat apabila menggunakan panci presto hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menit). 
    5. Setelah matang dan empuk, serta rasanya setelah dicicipi enak, lalu angkat, tiriskan.
    6. Kemudian bakar Ceker Bacem tersebut diatas areng bakar atau menggunakan panggangan diatas kompor, lalu bakar ceker tersebut hingga tercium harum dan berwarna kecoklatan pekat.
    7. Ceker Bakar siap dihidangkan
    Demikian Cara Membuat Dan Resep 3 Menu Tervaforit Di Angkringan Jogja yang enak dan selalu laris. Menikmati suasana kota Jogja tak akan legkap apabila tidak menikmati hidangan kulinernya, sehingga apabila anda bersinggah ke kota itu maka sempatkanlah sejenak mampir ke Angkringannya. Warisan kuliner yang masih hidup hingga sekarang harus terus dijaga pelestariannya, agar keturunan kita juga merasakan kelezatan aneka resep turun-temurun. 
    Resep Nasi Kucing sebenarnya dapat berisi aneka lauk pauk ataupun sayuran, namun kebanyakan memakai lauk ika teri lengkap dengan sambalnya. Untuk mengkreasikan isi dari Resep Nasi Kucing diatas, atau untuk melengkapi hidangan Resep Sate Telur Puyuh dan Resep Ceker Bakar diatas, anda dapat mencoba 3 Resep Sambal Pedas Terlaris Di Indonesia sebagai pelengkap meikmati 3 Menu Tervaforit Di Angkringan Jogja tersebut. Tetap natikan resep dari Kuliner Traveler Team setiap harinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

      Related Post

      Tinggalkan Balasan