Wisata Air Terjun di Banyuwangi (part 1)

Banyuwangi juga menyimpan keindahan wisata air terjunnya, memiliki spot wisata alam yang masih natural, menjadikan tempat wisata dibanyuwangi selalu menyajikan orisinalitas dalam keindahannya, berikut kami tuliskan beberapa spot wisata air terjun di kota banyuwangi :
AIR TERJUN SELLO TIRTO

Lokasi Air terjun Sello Tirto berada di wilayah PTPN XII Kebun Pasewaran, yang terletak di desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, sekitar 50 km dari kota Banyuwangi. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan 100 meter dari tempat pemberhentian terakhir, selanjutnya menuruni jalan setapak.

AIR TERJUN JAGIR

Air Terjun Jagir adalah tempat wisata yang terdapat di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Pengunjung dapat menikmati jernihnya air sungai yang mengalir dari ketinggian 50 meter.
Air Terjun Jagir Banyuwangi ini ada 3 macam yang bersumber dari 3 mata air yang berbeda, yaitu Sumber Jagir, Sumber Buyut Ijah dan Sumber Pawon.
Suasana yang penuh dengan kesegaran membawa pengunjung terhanyut dalam kedamaian. Selain itu, di lokasi tersebut juga terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi, yang cukup menantang bagi para pecinta olahraga adrenalin, dapat mencoba climbing disana.
AIR TERJUN SELOGIRI

Air terjun Selogiri berjarak 13 km ke arah utara kota Banyuwangi, masuk wilayah Kecamatan Kalipuro. Dinamakan Air Terjun Selogiri karena lokasinya berada di daerah Perkebunan PTPN XII Selogiri. Air Terjun ini lokasinya masuk area perkebunan, maka perlu perjuangan untuk mencapainya.

Sebaiknya tidak menggunakan motor matik mengingat medannya yang berbatu, disarankan menuju lokasi Air Terjun Selorejo menggunakan motor trail atau sport, bisa juga mobil  four wheel drive (4WD) macam jeep, katana, jimny, dll asal jangan menggunakan kendaraan sedan atau SUV.
Petunjuk Arah ke Air Terjun Selogiri :
Dari Banyuwangi kota mengarah ke Pelabuhan Ketapang lanjut sekitar 3Km ke utara hingga sampai di Perkebunan Selogiri. Setelah melewati terminal Bus, Anda akan menjumpai papan petunjuk menuju ke Air Terjun Selogiri, berhenti sejenak sebab jalan menuju Air Terjun tidak terlalu luas.

Jalan tersebut berupa gang di sebelah kiri jalan untuk menuju Perkebunan  PTPN XII Selogiri. Jarak ke Air Terjun Selogiri sekitar 7KM atau kira-kira ditempuh selama 40 menit dengan mobil. Anda akan memasuki kawasan hutan dengan mayoritas tanaman kayu jati. Didaerah tersebut juga sebagai wilayah kegiatan latihan militer.

Lanjutkan perjalanan sampai di perbatasan Perhutani dan jembatan dengan papan petunjuk kemudian temukan PAL ARBORETUM, yang berarti Anda sudah berada di lokasi Air Terjun Selogiri.

Jika sudah sampai di Air Terjun Selogiri parkirkan kendaraan anda di manapun sebab di tempat tersebut tidak ada tempat parkir kemudian lanjutkan perjalanan sekitar 200m melalui jalan setapak menuju Air Terjun Selogiri.

Related Post

Tinggalkan Balasan