Wisata Blue Fire Kawah Ijen Banyuwangi

kawah ijen malam hari banyuwangi bondowosoKawah Ijen merupakan tempat yang eksotis, ada 2 Kawah di puncak Gunung Ijen yaitu kawah kaldera dan kawah hijau yang menakjubkan. Kawah ini berada pada ketinggian 2.443 m dpl, dengan kedalaman kawah 200m. Kawah Ijen diselimuti asap belerang yang memiliki pesona luar biasa, yaitu adanya danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire). Anda dapat menyaksikan panorama memikat ini pada saat malam hari hingga menjelang subuh.Tempat ini adalah tempat favorit wisatawan asing di Banyuwangi.
Untuk tiba di Kawah Ijen, Anda dapat memilih 2 jalur, yaitu dari utara dan selatan. Jalur utara dapat dilalui dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding, waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Jika dari arah selatan, dapat dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak sekitar 35 km. Anda bisa menempuh perjalanan dari Desa Tamansari Kecamatan Licin.
Perjalanan menuju Paltuding Ijen akan menemukan jalur menanjak yang menguji adrenalin. Termasuk saat melewati track erek erek, tanjakan dan kemiringannya juga cukup menantang. Untuk mencapai kawah, kita butuh mendaki setinggi 3 km, yang memakan waktu sekitar 1,5 jam. Kemiringan pendakian adalah 25-35 derajat. Bagi yang ingin menggunakan kendaraan pribadi  di sarankan memakai mobil 4 WD atau double gardan. Saat kita tiba di pos paltuding,  kita bisa memarkirkan kendaraan dan melanjutkan dengan tracking menuju puncak.
kawah ijen blue fireLebih indah jika anda mendaki pada saat dini hari. Karena moment blue fire yang hanya ada dua di Dunia, salah satunya setelah Alaska, bisa kita jumpai di Gunung Ijen. Perjalanan yang melelahkan selama kurang lebih dua jam akan terbayar dengan Keindahan Pesona Gunung Ijen.

Related Post

Tinggalkan Balasan